Index Labels

10 Hal yang Harus Dilakukan Oleh Mahasiswa Baru

Posted by Ucu Supriadi



Pergantian status dari siswa MAN/SMA ke seorang Mahasiswa, akan menjadi hal yang membanggakan buat diri kita sendiri. Bukan hanya sekadar perbedaan status saja, tapi banyak hal yang sangat berbeda saat kita memasuki gerbang perkuliahan. Berikut adalah 10 Hal yang berhasil saya analisis dan harus kita lakukan saat menjadi mahasiswa di tahun pertama : 

1. Menyusun jadwal untuk Belajar

Tahun Pertama kita masuk kuliah akan menjadi tahun yang sangat sibuk untuk kita. Jika kita tidak pandai-pandai untuk mengatur waktu antara kuliah, mengerjakan tugas kuliah, belajar dan bermain, kita akan terjebak dalam situasi yang tidak menyenangkan. Sediakan waktu minimal 2 jam dalam sehari untuk belajar dan mengerjakan tugas kuliah, dan menyisihkan 2 jam dalam seminggu untuk mengkaji Islam lebih dalem atau biasa saya sebut Halqah (tipe belajar yang dicontohkan Rasul dengan format lingkaran). Lantas menyisihkan waktu di akhir pekan untuk bertemu teman-teman seperjuangan. Jangan lupa ketika kuliah libur, alangkah baiknya kita kreatif mengasah potensi kita. Yang suka nulis, silakan ditekuni dan terus berlatih, apapun itu potensimu, tekunilah dan berlatihlah. Dan tak ketinggalan keluarga di rumah juga wajib kita sambangi, terutama Mimi (Ibu). Jadi silakan agendakan dari mulai sekarang. 1 bulan satu kali kah? atau 1 semester satu kali kah? Terserah. Asalkan tidak sama sekali.

2. Mencari Pengalaman dengan mencoba berbagai kelas.

Kuliah bukan hanya sekadar untuk belajar tentang pengetahuan baru, tapi kita bisa mengeksplor diri kita dengan pengetahuan-pengetahuan baru yang akan kita dapatkan tersebut. Jangan takut untuk mencoba mengambil kelas yang mungkin terlihat sulit, karena mungkin saja kita nantinya akan tertarik dengan pengetahuan baru tersebut dan mendapat kesempatan untuk memperdalam ilmu tersebut. Kalo saya sih ambil di KPI (Komunikasi Penyiaran Islam). Biar bisa mengeksplor ilmu retorika saya.

3. Mempelajari Persyaratan Kelulusan.
Seperti saat MAN/SMA, hampir semua Perguruan Tinggi pasti mewajibkan semua siswanya untuk melengkapi kelas tertentu sebagai salah satu syarat kelulusan. Kita harus sudah mengetahui apa saja kelas yang diwajibkan untuk diambil pada jurusan kita dari tahun pertama kita masuk jurusan. Jadi kita bisa mengatur waktu yang tepat agar lulus kuliah tepat waktu yang direncanakan. Lebih keren kalo belum waktunya eh sudah lulus (karena cerdas ya bukan karena di DO. Xixi).

4. Menemui Pembimbing Akademik.

Setiap Jurusan akan menginformasikan mata kuliah yang akan atau bisa diambil oleh kita pada semester depan dengan berbagai syarat dan ketentuan yang berlaku untuk seluruh mahasiswa. Kita sudah bisa melihat mata kuliah yang bisa atau akan kita ambil pada semester depan. Walaupun demikian ada baiknya kita menemui Pembimbing Akademik yang sudah disediakan oleh bagian Akademik untuk membantu kita memilih mata kuliah yang akan kita ambil untuk semester depan. Pembimbing Akademik juga memberi saran dan kritik untuk membangun kita menjadi mahasiswa yang lebih baik lagi.

5. Menemui Dosen atau Pengajar

Memasuki Perkuliahan kita harus pandai mencuri perhatian dari setiap Dosen yang mengajar kita. Tepatnya Curi-curi pandang. Atau jurus SKSD (Sok Kenal Sok Dekat). Kita tidak harus pintar untuk dapat diingat oleh Dosen, dengan kita rajin mencatat atau bertanya saat di kelas juga sudah membantu kita untuk dikenal oleh Dosen kita. Syukur-syukur karena kecerdasannya juga. Itu mantap bos!
Tapi ada baiknya kita bisa mengunjungi Dosen kita disaat waktu luang Beliau, karena biasanya saat dikelas Dosen tidak akan berbicara banyak. Nah kita bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih dari temean-teman kita saat kita mengunjungi Dosen kita di luar dari kelas.

6. Bersosialisasi

Teman Baru adalah salah satu alasan kita masuk kuliah bukan? Ingin memperbanyak teman. Kita akan lebih merasa betah untuk menjalani kuliah jika mempunyai teman yang cocok dengan kita. Jika kita termasuk seorang yang pemalu, kita dapat memulai kegiatan pertemanan kita dengan bergabung dengan sebuah klub atau organisasi. Jangan diem terus. Gerak bos!

7. Cari tahu Kegiatan di Luar Kampus.

Kita bisa mulai mencari tahu apa saja kegiatan ekstrakurikuler yang terdapat di kampus kita dan langsung bergabung dengan klub atau organisasi yang kita sukai. Dengan mengikuti salah satu klub atau organisasi kampus, akan banyak keuntungan yang kita dapat. Selain menambah teman baru sebagai mahasiswa baru, kita juga akan mendapat pengalaman lebih tentang berorganisasi dan bisa menambah skill kita sesuai dengan klub atau organisasi yang akan kita ikuti. Saya rekomendasikan ikutan deh, GP (Gema Pembebasan) biar nyala Islamnya terus berkobar. Seriusan!

8. Mengeksplor Kampus

Kampus akan menjadi tempat dimana kita akan menghabiskan sebagian waktu yang kita punya. Oleh karena itu, kita harus tahu benar seluk-beluk kampus kita, agar kita tidak merasa cepat bosan berada di sana untuk sekadar belajar, tetapi kita juga mendapatkan kesenangan yang bisa meminimalisir rasa jenuh kita. Carilah tempat yang paling nyaman untuk dijadikan tempat nongkrong favorit bersama teman. Saya saranin nongkrong yang oke punya hanya di Masjid. Selain tempatnya yang sejuk. Masjid juga bisa dijadikan amal ibadah kita. Ex : shalat duha, ngaji, hafalan, muroja’ah deesbe.

9. Mengatur Budget Bulanan

Sebagai anak kuliahan, kita dituntut untuk mandiri dan mulai mengatur semuanya sendiri termasuk pengeluaran kita. Kita bisa memulai dengan mencatat rata-rata pengeluaran kita per hari dan menjumlahkannya dalam seminggu lalu di estimasikan dalam per bulan. Dengan mulai membiasakan diri untuk lebih teratur dalam hal pengeluaran, pada akhirnya kita akan terbiasa untuk mengorganisir semua kegiatan kita. Mulai kerja deh, jangan hanya ngandelin dana dari ortu atau belas kasihan orang. Karena itu namanya MENTAL MISKIN bukan MENTAL SUKSES Bos!

10. Mulai merencanakan kehidupan kedepan setelah perkuliahan

Apa yang kita inginkan setelah keluar dari kampus? Apa yang akan kita lakukan setelah lulus? Apa tujuan yang ingin kita capai setelah lulus?. Itu adalah salah satu contoh pertanyaan yang harus ditanyakan kepada kita saat kita akan segera lulus. Kita harus mulai memikirkan jawaban dari sebagian pertanyaan tersebut, untuk kelangsungan hidup kita di masa yang akan datang. Mau Kerja atau Nikah? Hihi :D
Selamat Menjadi Mahasiswa Baru ya!. Termasuk saya juga. Hehe

Ucu Supriadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hamba Allah yang fakir akan ilmu, miskin akan amal, dan lancang mengemis Ridha-Nya dengan maksiyat dan dosa. #NovelisMuda

Pujangga Belantara

Info Lomba Menulis

Follow Me