Index Labels

Ghaib. . . Takut Nggak Sih?

Posted by Ucu Supriadi



Bismillaahirrohmaanirrohiim

Kamu percaya kan ma hal-hal g’keliatan dunia ni? Yup,kamu emang harus wajib kudu percaya yang namanya ghaib. Kalo dibilang serem juga iya sih tapi itulah bukti kebesaran Allah yang udah ciptain n’ ngatur hal-hal yang ghaib. Yang jadi pertanyaan di kepala qt smua, kenapa qt percaya ma yang ghaib? Dari mana qt tau ghaib itu? Nah…..penasaran kan?

Gini ya sobat, qt tau ghaib tuh dari Kitabullah or Firman Allah alias Al Qur’an yang agung. Loh koq? Ya iyalah. Coba deh skarang kamu buka Al Qur’an, surat Adz DZariyat ayat 56.Udah belom? Bener bagetz deh disana da ditulis “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” Gimana percaya kan ada jin? Kalo Allah yang bilang pastinya percaya deh….

Nah skarang ni qt g’ngomongin jin ya? Tapi qt mo ngomongin tentang keimanan qt ma malaikat, hari kiamat, n qada’ juga qodar. O….gitu toh? Udah deg..degan aja nih..He..he..Lajut deh.

1. Iman ma Malaikat
Dalam Qur’an disebutin “Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (Q.S. Ali Imron:18).

 
Masih belum ngeh?
”Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.” (Q. S An Nisa: 136).
Sobat, tau g’sih kalo malaikat tu diciptain dari cahaya lho. Tapi jangan mikir kalo ketemu ma lampu ntar dikira malaikat, it’s wrong girls! Trus menurut penjelasan Al Qur’an juga malaikat tu berada di langit n bumi, kadang2 di langit n kadang juga di bumi.

Guys, malaikat adalah pasukannya Allah yang punya tugas sesuai ma perintah Allah. Di Qur’an n’ di Hadist,Qta tau :
1. Malaikat Jibril, tugasnya menyampaikan wahyu dari Allah. Wahyu yang ni bukan temen sekelasmu itu loh. Bukan tauk?
2. Malaikat Mikail, tugasnya memberikan rezeki dari Allah. So kalo laper, baru bokek, de el el yakin aja deh rezeki pasti datang koq?
3. Malikat izrail, tugasnya mencabut nyawa manusia. Hiii……hayo, kamu udah siap blom?
4. Malaikat Israfil, tugasnya meniup sangsakala. Ya…tanda berakhirnya kehidupan di dunia ni. Seremmmm….
5. Maliakat Rakib n’Atit, tugasnya teman setia kemana ja kamu pergi pluzzz yang paling utama nyatetin apa aja (baik n’ buruk) yang udah kamu lakuin sehari2.
6. Malaikat Munkar n’ Nakir, tugasnya nemenin kamu kalo kamu rumahnya udah di kuburan skalian nanyain amal perbuatanmu di dunia.
7. Malaikat Malik, tugasnya njagain Neraka yang panasnya lebih panas dari terik matahari n panasnya lahar gunung merapi. Takut……..ttt
8. Malaikat Ridwan, tugasnya njagain Syurga yang hawanya lebih sejuk dari kaliurang n puncak bogor.
Kalo kamu udah paham ma adanya malaikat so jangan santai2 ja kalo mo ngelakuin dosa , trus jangan takut kalo mo ke kamar mandi sendiri apalagi kalo nonton film horror,cozzzzz udah da temennya. Siapa dia? Ya malaikat Rakib n Atid…hhe

2. Iman ma Hari Kiamat
Teeeeeeet….Teeeeeeet….Teeeeeeet…..coba bayangin kalo ni suara sangsakalanya Malaikat Isrofil. Pastinya banyak orang yang pada ketakutan, lari, pasrah, dll. Qt tau kebesaran Allah ni datangnya belom sekarang, entah kapan? Yang pasti mulai sekarang qt kudu siap2 ma amalan2 qt yang baek buat bekal masa depan qt. jangan sampe tas, baju, uang, perhiasan or ijazah yang qt bawa. G’bakalan deh kepake di akherat….

Kata Allah: Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui". So kamu g’ bakalan tau deh kapan hari kiamat datang. Jadi siap2nya skarang ja ya? Ke mana? Ke akherat atohh…

Kayak gimana sich kejadian kiamat itu? Allah bilang: “Hari Kiamat, apakah hari Kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran, dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan. Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan. Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (Yaitu) api yang sangat panas.” (Q.S Al Qori’ah: 1-11).

Selain itu, Firman Allah di Q.S Al Zalzalah: 1-8 “Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, dan manusia bertanya: "Mengapa bumi (menjadi begini)?", pada hari itu bumi menceritakan beritanya, karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya. Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka, Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.” Takut g’ sich? Takuuuuuuuuut…Makanya tobat yuk?

3. Iman ma Qada’ n Qadar
Qada’ adalah Ketentuan Allah terhadap kejadian yang da di alam semesta, kehidupan, n manusia. Trus Qadar adalah Penciptaan Allah terhadap khasiat-khasiat (sifat-sifat) tertentu terhadap benda-benda hidup or mati.
Kalo digambarin lewat bagan kayak gini nih….
Wilayah perbuatan manusia
1. Wilayah yang DIKUASAI MANUSIA
Nah diarea ini manusia diberikan kesempatan BEBAS MILIH alias terserah berbuat apa ja (g’dipaksa ma Allah gitu). Cuma kalau kita bebas berbuat pilihannya cuma ada dua, apa aja :
a. Pilihan yang sesuai dengan perintah Allah >> PAHALA >> SURGA
b. Pilihan yang tidak sesuai dengan perintah Allah >> DOSA >> NERAKA
2. Wilayah yang MENGUASAI MANUSIA
Nah diarea ini manusia GK’BEBAS MILIH untuk berbuat alias (dipaksa ma Allah)
a. SESUAI sunnatullah : contohnya kita terlahir di dunia sebagai perempuan, atau kita lahir di Indonesia, punya hidung mancung, punya ayah dan ibu sekarang
b. TIDAK SESUAI sunnatullah : contohnya kecelakaan, salah tembak, dll
Dua wilayah diatas itu Gambaran tentang Qada’ Allah….
Truuus………
Sekarang tentang Qadar nie . . . Qadar itu ketetapan Allah di benda mati dan benda hidup.
1. BENDA HIDUP (manusia, hewan, n tumbuh2an) punya Khosiat/Sifat2.

Akal, Hajatul Udhawiyah (Keb. Jasmani); Hajatul Udhawiyah (Keb. Jasmani) : lapar, haus, buang air.

Nah sob kalau semisal naluri-naluri diatas gak bisa diwujudkan hal tersebut akan bisa menimbulkan KEMATIAN.

Naluri-naluri /Gharaiz:

a. Gharizah Tadayun (Naluri.Mengagungkan sesuatu) ct: sholat, animisme,dll
b. G. Baqa (N. Mempertahankan diri) ct: marah, berkelahi,karate.
c. G. Nau’ (N. Mempertahankan jenis) Ct: sayang, suka, cinta

Nah sob kalau semisal naluri-naluri diatas gak bisa diwujudkan hal tersebut akan bisa menimbulkan GELISAH, GALAU gitu dech


2. BENDA MATI

Khasiat/sifat-sifat


Catatan: 


1. Es – Beku
2. air – cair
3. Api – panas
4. Batu – keras
5. Pisau memotong
6. lampu bercahaya
7. pensil – menulis


Nah ketetapan Allah pada benda hidup dan benda mati ini adalah gambaran tentang Qadar……
Subhanallah deh ciptaan n pengaturan yang amat sangat DeTail bangetz ma Alam Semesta, Kehidupan, n Manusia. Moga smua penjelasan diatas makin nguatin IMAN qt ma Malaikat, Hari Kiamat, n Qada’ n Qodar. Aamiin…..Tetep Smangat ngaji ya girls? Allahu’Akbar!!!!


INTINYA:

Allah udah kasih Qt AKAL u/ BERPIKIR atas sgala ciptan2NYA
trus….PERASAAN Qt gunain u/ MEYAKINI pa ja yang udah diciptain Allah
abis tu….Qt RELA u/ diatur ma pa ja PERINTAH n LARANGAN Allah
coz.....Allah juga lah yang udah ngatur perjalan kehidupan Qt sampe skarang ni.
So Don’t Worry Be Happy, Okay?

Share ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hamba Allah yang fakir akan ilmu, miskin akan amal, dan lancang mengemis Ridha-Nya dengan maksiyat dan dosa. #NovelisMuda

Pujangga Belantara

Info Lomba Menulis

Follow Me