Index Labels

Hayoooo, Mikirin Apaan?!

Posted by Ucu Supriadi


Pernah g’sih kamu mikir kalo kamu dulunya g’da sebelum dilahirkan ke dunia ini n kamu diciptain dari sebuah ketiadaan?

Coba bayangin aja deh kalo gempa bumi mungkin aja datang tiba-tiba pas kamu baru tidur or baru mandi. Trus ditambah rumahmu ato sekolahanmu ancur sampe rata ma tanah pahadal cuma tempo beberapa detik aja kamu udah kehilangan segala sesuatunya yang kamu punya di dunia ini?

Kamu ngerasa g’sich kalo hari-harimu berlalu sangat cepat, kamu pun lambat laun berubah jadi makin tua (hayooo…sapa yang ngerasa tua?) n ngerasa lemah, juga kehilangan ketampanan ato kecantikan, kesehatan or kekuatanmu? 

Udah siap belom sih kalo suatu hari nanti, malaikat Izroil yang diutus ma Allah akan datang menjemput untuk bawa kamu meninggalkan dunia ini?


Nah kalo gitu, koq bisa sih orang-orang g’sadar-sadar kalo kehidupan dunia yang sebentar lagi ni akan mereka tinggalin? Padahal seharusnya mereka jadiin kehidupan dunia ni sebagai tempat untuk bekerja keras dalam meraih kebahagiaan hidup di akhirat? Tanya kenapa? Jawab sendiri aja ya? Pusing…eit..eit dulu, g’segitunya kali. Mm….keliatan tuh kamu jarang berpikir. Hayo ngaku? Lho koq maksa?

Gini ya, manusia adalah makhluk yang diciptain ma Allah paling sempurna dari mahluk-mahluk laennya. Buktinya aja setiap orang punya akal untuk berpikir pa ja yang dia suka, mahluk yang laen mana punya akal. Tapi sayang, kebanyakan mereka g’ gunain sarana yang amat sangat teramat penting ini sebagaimana mestinya. Bahkan pada kenyataannya sebagian orang hampir jarang banget buat mikir. Koq gitu bangetz sich?

Sebenarnya, setiap orang punya tingkat kemampuan berpikir yang seringkali ia sendiri g’ nyadar. Pas mulai gunain kemampuan berpikir, kita perlu syarat2 berpikir biar makin sip aja gito…Pa ja sih syarat2nya:

1. Ada fakta ato kenyataan
2. Indera-indera, hayo da berapa? Jangan lupa loh?
3. Otak
4. Informasi sebelumnya (ma’lumat as-sabiqoh).

Semua di atas ini supaya bisa mikirin apa ja yang mo kamu pikirin…Tapi, ada juga lho macam-macam berpikir, mo tau kan?

1.      Berpikir Dangkal

Adalah seseorang yang berpikiran pendek di mana dia cuma mikirin sesuatu hal yang g’da gunanya. Berpikir kayak gini bisa ngakibatin qt kecewa loh! Contohnya: putus cinta ya bunuh diri aja deh (Hii….Na’udzubillahimindzalik!!!)

2.      Berpikir Mendalam

Adalah seseorang yang berpikirnya setengah-setengah di mana dia cuma mikir yang nangung2 alias setengah2 ja. Berpikir kayak gini juga bisa ngakibatin qt kecewa loh! Contohnya: kalo putus cinta ni, dia cari cowok lagi deh, yang lebih keren ‘n lebih tajir getoh….g’ lah yaw?

3.      Berpikir Cemerlang

Adalah seseorang yang berpikirnya menyeluruh alias lengkap…kap…kap…dimana dia mikirin sampe sedetail-detailnya. Nah…berpikir kayak gini g’bikin qt kecewa loh. Percaya deh?! Contoh: kalo putus cinta ya disyukuri aja deh coz dalam Islam pan g’ ada yang namanya pacaran. Takut juga loh kalo ngelanggar perintah Allah ntar kalo diazab gmn?

So.....yang paling pengenin dimiliki semua orang ya…berpikir cemerlang-lah, trus dalam pikiran cemerlang qt pasti akan terbesit juga tentang 3 pertanyaan mendasar dalam hidup, yaitu:

1. Dari mana kamu berasal?
2. Apa tujuan kamu hidup?
3. Akan ke mana kamu setelah hidup?

Dari 3 pertanyaan mendasar itu bisa kamu jadii ARAH HIDUP kamu di dunia ni. Trus pa ja yang kamu lihat ato pa ja kejadian ato peristiwa yang kamu temui bisa dijadiin RENUNGAN, kalo sebenernya qt tu g’da pa2nya di dunia ni. Qt tu kecil bangetz deh kalo diliat dari pucuk Gunung Kidul eh Gunung Merapi maksudnya. Kalo manusia g’mikirin kayak gini, berarti dia tuh udah sombong bangetz. 

Padahal tau g’sih, apa aja perkataan n perbuatan qt di dunia ni bakalan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah; percuma aja deh kalo kamu sadarnya pas di akherat, smua udah telat bangetz, ya g’bakal balik lagi ke dunia. Kata Allah "Dan pada hari itu diperlihatkan neraka Jahannam; dan pada hari itu ingatlah manusia akan tetapi tidak berguna lagi mengingat itu baginya. Dia mengatakan,"Alangkah baiknya kiranya aku dahulu mengerjakan (amal saleh) untuk hidupku ini." (QS. Al-Fajr, 89:23-24) .Ayo…deh mulai sekang TOBAT aja ya! Caranya? Ya ngobrol Islam kayak gini donk ahh…Sumpeh deh!

Tau g’sih Allah tu udah baek bangeeetz deh ma qt. Mo bukti? Sampe skarang ja kamu masih bisa baca tulisan ni. Berarti kamu masih dikasih kesempatan buat hidup kan? Coba tanyain, kamu masih hidup g’? “Maksudnya?”

Berpikirlah trus diambil kesimpulan or pelajaran-pelajaran dari pa ja yang kita temui buat memahami kebenaran, so menghasilkan sesuatu yang bernilai bagi kehidupan qt di akhirat kelak. Alasan inilah, Allah ngewajibin seluruh manusia, melalui para Nabi n’ Kitab-kitab-Nya, untuk mikirin n’ ngerenungin penciptaan n pengaturan kehidupan ni.

Kata Allah "Dan mengapa mereka tidak memikirkan tentang (kejadian) diri mereka?, Allah tidak menjadikan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya melainkan dengan tujuan yang benar dan waktu yang ditentukan. Dan sesungguhnya kebanyakkan di antara manusia benar-benar ingkar akan pertemuan dengan Tuhannya." (QS. Ar-Ruum, 30: 8).

So rajin belajar ya biar selalu berlatih buat berpikir, yaah supaya g’pikun gito .Okay?

Share ya...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hamba Allah yang fakir akan ilmu, miskin akan amal, dan lancang mengemis Ridha-Nya dengan maksiyat dan dosa. #NovelisMuda

Pujangga Belantara

Info Lomba Menulis

Follow Me