Index Labels

Kamu Percaya Sama Siapa?

Posted by Ucu Supriadi

Oeeeee…..Oeeee….Oeeeee….seorang bayi mungil baru ja lair dari rahim seorang ibu yang tampak kelelahan. Nah…. Itulah qt pas jadul gitu deh. Yup, qt diciptain Allah untuk hidup di muka bumi ni. Alhamdulillah senang rasanya. Sama halnya ma perasaan bapak qt pas selesai nunggu persalinannya si ibu. Tunggu dulu? Da pa sich? Ngagetin ja? G’, Cuma g’ nyangka ja kalo Allah tu g’ Cuma nyiptain qt ja lho tapi ngerawat qt dari bayi sampe segedhe ni. Ya…tentu ngerawatnya melalui tangan ortu qt donk…Iya kan?

Lho sapa sih Allah? Kenapa Allah nyiptain qt? Jadi penasaran aza deh… 

1. Iman ma Allah

Kata Allah dalam Al Qur’an “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.”(Q.S Al Mu’minun:12-14). 

Yup, bener banget Allah adalah Tuhan yang udah MENCIPTAKAN n’ MERAWAT (Mengatur) qt untuk tinggal di dunia ini . So Allah punya sebutan yang keren abiz. Allah adalah Al Kholiq (MAHA PENCIPTA) n’ Al Mudabbir (MAHA PENGATUR). 
Mau bukti….ni dia “Katakanlah: "Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfaat tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman" (Q. S. Yunus:101). 

Kalo qt percaya ma Allah berarti qt adalah seorang muslim yang mesti harus sangat mau bangetz diatur ma pa ja ma smua perintah n’ larangan Allah coz seorang muslim g’akan sempurna kalo dia g’beriman ma adanya Allah. Mungkin da yang nyeletuk, kalo Allah kan g’ bisa dilihat, ya gimana qt bisa percaya donk? Emang wujud Allah skarang ni g’bisa dilihat dengan mata telanjang tapi coba ngerasain aja keberadaan Allah dengan sgla ciptaan2nya yang sumpah deh qt g’bisa nandingin. Iya kan? Mo nyiptain gunung, bagi Allah sangat mudah bangetz deh, tinggal bilang “Kun Fayakun”, udah jadi Gunung Merapi. Kalo Qt? Gambar gunung ja kadang ja jelek. Hee…he…(Wah Nyindir nich?). Makanya jadi orang jangan sombong bin ujub deh, g’baek atuh. Ayo TOBAT aja deh….

Qt ni manusia yang punya sifat lemah, terbatas, n butuh orang lain. Da gempa ja udah gemeteran. Da Piter eh itu kan nama orang, maksudnya Peter ja udah ngumpet. Eh…mau sombong, jangan bangetz deh…Eling..Eling qt ni Cuma ciptaan Allah g’pantes banget deh buat sombong. Yang boleh sombong ya Cuma Allah Aza Wajala coz Dia punya sifat AZALI (apaan tuh?). AZALI adalah Tidak Berawal n Tidak Berakhir. So Allah WAJIBUL WUJUD artinya wajib adanya. Gimana DONG or bloong??? Intinya sih Allah tu ada gito. Jangan mikir macem2 tentang wujudnya Allah ya? Bisa2 kamu gila…Na’udzubillahimindzalik deh…Lanjut deh…

2. Iman ma Nabi dan Rasul

Sapa lagi ni Nabi? Sapa juga Rasul? Mumet…Eit..tunggu dulu, g’ sampe segitunya kali’.Gini loh, Nabi tu adalah seorang manusia utusan Allah yang diberi Allah wahyu untuk memberi petunjuk hidup kepada dirinya sendiri, keluarga, n kaum tertentu. Trus kalo Rasul tu adalah seorang manusia utusan Allah yang diberi Allah wahyu untuk memberi petunjuk hidup kepada dirinya sendiri, keluarga, n smua umat manusia. Wow…keren ya? Ya iyalah. Itu tugas yang amat berat juga mulia lho. Tapi kenapa ya koq g’ Allah ja yang ngelakui sendiri? Nah..itulah bukti kebesaran Allah yang mengirimkan utusan2nya yang diperuntukan untuk manusia. Kalo petunjuknya untuk manusia ya yang menjadi petugas untuk ngarahin manusia ke jalan yang bener ya pastinya manusia juga donk. 

Kata Allah “Katakanlah (hai orang-orang mukmin): "Kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhannya. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun diantara mereka dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya". (Q.S Al Baqarah:136)

Trus…Firman Allah “Dan sesungguhnya telah Kami utus beberapa orang rasul sebelum kamu, di antara mereka ada yang Kami ceritakan kepadamu dan di antara mereka ada (pula) yang tidak Kami ceritakan kepadamu. Tidak dapat bagi seorang rasul membawa suatu mukjizat, melainkan dengan seizin Allah; maka apabila telah datang perintah Allah, diputuskan (semua perkara) dengan adil. Dan ketika itu rugilah orang-orang yang berpegang kepada yang batil.” (Q. S. Al Mu’min:78)

Da Lagi ni..Menurut Allah “Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui.” (Q. S. Saba’:28)
Melalui Rasulullah SAW, ISLAM bisa sampai kepada qt. Selain itu qt juga bisa mencontoh sifat2 beliau yang sungguh terpuji. Dari Keteguhan, Pengorbanan, Kesabaran, Ketabahan, Kecerdasan, Kebaikkan, Kebenaraan Rasulullah bisa qt tiru. Aneh kan kalo malaikat or syetan yang ngajarin qt untuk berbuat baik, ntar malah qt lari terbirit-birit.

3. Iman ma Kitab Allah

Mau lebih matep lagi berislam? Mau…Mau?Okay, qt kupas abiez tentang wahyu (bukan temenmu lho?) Alias kitab Allah. Seorang muslim wajib yakin ma kitab2 yang diturunin Allah. Allah pernah nurunin Kitab Zabur ma Nabi Daud AS, Kitab Taurat ma Nabi Musa AS, Kitab Injil ma Nabi Isa AS. Tapi ketiga Kitab ni sekarang g’ da yang asli. Ada loh kitab yang pualing sempurna dari kitab2 yang laen adalah Al Qur’an yang dibawa ma Nabi besar qt Muhammad SAW. Insyaallah kemurnian Al Qur’an akan dijaga 4W 1 sampe hari kiamat nanti. Kata Allah “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya”. (Q. S. Al Hijr: 9)

Sobat, pas jaman Rasulullah da 3 pendapat tentang penciptaan Al Qur’an. Yuk qt tengok deh…
1. Apakah Al Qur’an adalah karangan Bangsa Arab?
2. Apakah Al Qur’an adalah karangan Nabi Muhammad?
3. Apakah Al Qur’an adalah dari Allah?

Aduh…bingung juga nih? Tenang bos, ayo qt buktiin mana yang bener!!! 

1. Apakah Al Qur’an adalah karangan Bangsa Arab?

Menurut kamu gimana?! Waduh? Gini pas jamannya Rasul, Bangsa Arab itu adalah bangsa penyair. Kebanyakan orang-orang Arab tu penyair smua. Trus banyak yang nuduh kalo itu cuma sihir Muhammad ja. Trus Allah nyuruh Nabi untuk menantang mereka membuat surat yang sama kayak Al Qur’an. Surat tentang gajah lah yang dijadiin pertandingan. Orang2 Arab membuat surat yang isinya: Gajah adalah binatang besar berkaki empat, berkuping dua, berbelalai satu, berekor satu, dan bla..bla…bla..tapi kalo Ayat Allah tentang gajah berbunyi “Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah? Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka'bah) itu sia-sia? Dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong, yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat).” (Q. S. Al Fill:1-5). 
Beda bangetz kan?
So Orang2 Arab g’ bisa bikin Al Qur’an….

2. Apakah Al Qur’an adalah karangan Nabi Muhammad?

Kata Allah: “Atau (patutkah) mereka mengatakan "Muhammad membuat-buatnya." Katakanlah: "(Kalau benar yang kamu katakan itu), maka cobalah datangkan sebuah surat seumpamanya dan panggillah siapa-siapa yang dapat kamu panggil (untuk membuatnya) selain Allah, jika kamu orang yang benar." (Q.S Yunus: 38). Lagian Nabi Muhammad juga Bangsa Arab, pastinya g’bisa bikin donk. Ditambah lagi Beliau seorang yang UMMI (g’ bisa baca n’ nulis Al Qur’an). So Nabi Muhammad g’ bisa juga bikin Al Qur’an….

3. Apakah Al Qur’an adalah dari Allah?

Yup, inilah yang pualing benerr bangetz. Emang Allah yang buat Al Qur’an. Al Qur’an adalah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui Malaikat Jibril untuk dijadiin pedoman hidup (kompasnya) manusia. So you must believe it, Okay?! So…Tetep Smangat mengkaji ngaji yaw?

Share ya...





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hamba Allah yang fakir akan ilmu, miskin akan amal, dan lancang mengemis Ridha-Nya dengan maksiyat dan dosa. #NovelisMuda

Pujangga Belantara

Info Lomba Menulis

Follow Me